Senin, 08 September 2014

BAB I PEMAHAMAN TUJUAN & FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN

PEMAHAMAN BAB I
MANAJEMEN KEUANGAN
PEMAHAMAN TUJUAN & FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN
AGNESSIA PRADITA
130411604483 – OFF A
Konsep Manajemen Keuangan
                Manajemen keuangan merupakan suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan atau kita biasa menyebutnya dengan sebutan POAC yaitu :
1.       Planning (Perencanaan)
Merupakan langkah yang dilakukan oleh seorang manajer untuk menyusun rencana dengan memikirkan langsung apa yang akan dikerjakan dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan perusahaan secara maksimal, baik dalam jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang, yang berfungsi untuk mengkoordinasi tindakan yang dilakukan perusahaan, memahami gambaran operasional yang akan dijalankan oleh perusahaan, menempatkan tanggung jawab yang lebih tepat, menghemat waktu, usaha, serta dana, membuat tujuan yang lebih mudah dipahami, memudahkan pengawasan, serta berfungsi untuk mengurangi resiko yang mungkin akan terjadi.
2.       Organizing (Pengorganisasian)
Merupakan tugas yang dilakukan oleh manajer untuk menentukan struktur bagian-bagian yang saling berhubungan antar bagiannya, agar dapat bersatu dalam keseluruhan struktur yang telah dibuat. Misalnya dalam bentuk tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan, jabatan atau peranan dengan memberikan nama, menentukan sistem kekuasaan untuk memudahkan jalannya komunikasi dalam struktur organisasi suatu perusahaan, dengan tujuan untuk memecahkan kegiatan-kegiatan perusahaan yang bersifat besar menjadi yang lebih kecil. Selain itu perusahaan juga dituntut untuk menciptakan suatu keharmonisan dalam berbagai kepentingan.
3.       Actuating (Penggerakan)
Merupakan suatu proses yang dilakukan suatu perusahaan untuk menggerakkan orang-orang agar bekerja dengan penuh kesadaran dengan tanpa paksaan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Hal ini dibutuhkan kemampuan kepemimpinan (leadership) untuk mempengaruhi orang lain agar mau bekerja dengan tulus, sehingga pekerjaan dapat dengan lancar dijalankan dan tujuan dapat tercapai.
4.       Controlling (Pengawasan)
Merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya kegiatan yang mengarah pada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dengan menetapkan metode-metode yang ada untuk mengukur prestasi-prestasi kerja yang telah dihasilkan oleh perusahaan.
FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN
                Pada dasarnya fungsi dari Manajemen Keuangan adalah mengambil beberapa keputusan dalam bidang keuangan yang dijalankan oleh perusahaan yang relevan dan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Keputusan-keputusan tersebut mencangkup :
1.       Keputusan Investasi
Keputusan ini akan dikatakan efektif apabila berada pada pencapaian tingkat imbalan atau hasil yang diperoleh perusahaan maksimal. Dengan menggunakan investasi, berarti perusahaan menggunakan dana yang ada dengan harapan mampu menghasilkan arus kas masuk (cash in flow) pada waktu mendatang melebihi investasi awal yang telah dihasilkan sebelumnya.
2.       Keputusan Pembelanjaan
Disini perusahaan harus mampu mencarikan sumber dana yang akan digunakan oleh perusahaan, apakan sumber dana tersebut dana internal, eksternal, jangka pendek atau jangka panjang yang disebut keputusan pembelanjaan (financing decisions). Keputusan pembelanjaan ini akan dikatakan efektif apabila tercermin pada biaya dana (cost of fund) yang minimal.
3.       Keputusan Dividen
Dari pengambilan keputusan diatas dapat menghasilkan laba atau rugi. Pada kebijakan ini menyangkut keputusan tentang berapa persenkah laba yang diperoleh perusahaan yang nantinya akan dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen serta berapa persen kan yang akan ditahan untuk laba ditahan untuk pembiayaan investasi di masa yang akan datang.

Daftar Rujukan :
Feryanto, Agung.,dkk.2012.EKONOMI IPS.Klaten : PT Intan Pariwara
Halim, Abdul.2007.Manajemen Keuangan Bisnis.Ghalia Indonesia

Mardiyanto, Handono.2009.Intisari Manajemen Keuangan.Jakarta: PT.Grasindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar